1.04.2017

Begini Transfer Uang tanpa Nomor Rekening


MungkinSekarang - Produk pembayaran kini semakin beragam. Perusahaan perbankan bekerja keras menciptakan inovasi yang memberi kemudahan bagi nasabahnya melakukan pembayaran. Akses ke pembayaran digital melalui telepon genggam atau point-of-sales terminal menciptakan peluang bagi cara-cara pembayaran yang lebih nyaman dan terjangkau. Nasabah semakin mudah melakukan transaksi keuangan karena gerai-gerai anjungan tunai mandiri (ATM) kini tersedia di setiap pusat keramaian.
Hanya saja, rupanya tidak semua penduduk menganggap inovasi sebagai kemudahan. Persyaratan untuk memiliki nomor rekening di salah satu bank terkadang menjadi salah satu kendala. Di Indonesia, Lembaga Riset Telematika Sharing Vision menyatakan hanya 32 persen penduduk yang memiliki rekening bank. Sisanya, sebanyak 68 persen dari 246,9 juta orang Indonesia, belum memiliki rekening perbankan.
Ribuan orang masih senang melakukan pembayaran melalui loket. Cara konvensional ini masih digemari ribuan masyarakat, khususnya di pelosok desa. Sebab, bagi sebagian besar masyarakat desa, pembayaran di loket lebih mudah sekalipun nasabah harus menempuh puluhan kilometer untuk menuju kantor loket pembayaran dan  tidak masalah bergabung dalam antrian bersama nasabah yang lain. Alasan tetap setia melakukan pembayaran di depan loket adalah transaksi mudah, nyaman, dan dapat dipercaya.
Paradigma masyarakat, khususnya masyarakat perdesaan yang masih terkoneksi dengan cara lama, memang sulit diubah. Karena keadaan inilah, TrueMoney membantu memberi kemudahan bagi warga desa yang terpaksa menempuh perjalanan jauh untuk membayar tagihan.
Tanpa harus mempunyai loket besar, TrueMoney memberi kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi member atau anggota. Setiap member TrueMoney memiliki berbagai rekanan kerja (mitra) untuk mengembangkan ekosistem uang elektronik di Indonesia, seperti pembayaran rekening air, listrik, atau BPJS. Cara menjadi member sangat mudah, cukup mendaftarkan diri melalui website, lewat aplikasi Android,  lewat agen atau mesin electronic data capture (EDC). Adapun persyaratannya adalah menyiapkan identitas misalnya kartu tanda penduduk, pas foto, dan tanda tangan dalam format PDF. Selanjutnya, mengisi formulir yang disediakan.
Nah, jika sudah terdaftar sebagai anggota TrueMoney, bertransaksi semakin mudah dan menguntungkan. Misalnya ketika ingin melakukan pembayaran PDAM, BPJS, listrik, dan sebagainya. Lalu, pembelian pulsa operator handphone dan pulsa token listrik, dan pengiriman uang tanpa melalui rekening bank. (*)

Related Posts

Begini Transfer Uang tanpa Nomor Rekening
4/ 5
Oleh